Profil SMP N 2 Semarang

DISKRIPSI SINGKAT

SMP NEGERI 2 SEMARANG

SEMARANG – JAWA TENGAH

 

 

            Tiada hari tanpa prestasi dan budi pekerti luhur dan tiada siswa yang drop out karena biaya adalah motto yang menunjang visi Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMP ) 2 Semarang yang ingin menghasilkan lulusan berprestasi tinggi, bermoral, memiliki wawasan luas dan mampu berkompetisi berskala nasional. 

            SMP Negeri 2 Semarang yang terletak di jalan Brigjen Katamso 14 Semarang selain strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah juga memiliki banyak kelebihan dan prestasi. Penunjukkan SMP Negeri 2 Semarang sebagai Sekolah Standar Nasional yang pertama di Semarang membuktikan bahwa SMP Negeri 2 Semarang memiliki kemampuan untuk dijadikan standar bagi sekolah lain di Semarang. Dengan demikian siswa yang berpotensi sangat berminat masuk ke SMP Negeri 2 Semarang sehingga potensi yang dimiliki tetap dapat dikembangkan.

            Secara historis, SMP Negeri 2 Semarang sudah sangat dikenal sejak zaman penjajahan Hindia Belanda dengan sebutan MULO I, yang merupakan pusat pendidikan yang dimiliki pemerintah kala itu. Hal ini dilanjutkan pada waktu pendudukan Jepang bernama Dai ichu tyu gakko dan masa kemerdekaan Indonesia menjadi SMP I Pandean Lamper, kemudian oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dirubah menjadi SMP Negeri 2 Semarang. Hal yang paling menarik adalah bangunan kuno yang ditempati tetap terjaga dan menjadi bangunan bersejarah yang dilindungi sampai saat ini.

            Dengan sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang dimiliki, dukungan komite sekolah dan orang tua, serta lingkungan yang baik sangat mendukung prestasi SMP Negeri 2 Semarang. Selain prestasi akademik, prestasi non akademik pun tidak kalah menonjolnya. Hingga pada tahun pelajaran 2007 / 2008 SMP Negeri 2 Semarang mengukir prestasi sebagai sekolah dengan peringkat 1 negeri dan swasta di kota Semarang. Dan kelebihan yang lain adalah SMP Negeri 2 Semarang memiliki Program khusus Akselerasi yang pertama kali di Jawa Tengah dari tahun 2000 hingga saat ini. Hal ini menambah posisi SMP Negeri 2 Semarang menjadi sekolah favorit di Semarang.

            Sesuai dengan motto di atas, SMP Negeri 2 yang sarat prestasi tetap mengedepankan kepentingan nasional dengan tetap menyelenggarakan pendidikan murah bagi siswa yang kurang mampu apalagi berprestasi melalui subsidi silang baik sebelum ada BOS maupun setelahnya.     Hal ini dibuktikan bahwa siswa SMP Negeri 2 Semarang tidak ada yang mengundurkan diri karena biaya.

            Keberhasilan siswa setiap tahun menjadi tolok ukur kemajuan sekolah, baik output  ( lulusan ) maupun outcome ( siswa yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ).

Dengan demikian tantangan dan persaingan yang dihadapi tidaklah kecil, masih banyak lagi tanggungjawab dan tugas yang harus diselesaikan, masih perlu peningkatan dan kerja keras namun paling tidak SMP Negeri 2 Semarang memiliki komitmen terhadap bangsa ini secara sungguh-sungguh ingin meningkatkan sumber daya manusia Indonesia agar kelak menjadi Tuan di negeri sendiri tanpa kehilangan identitas dan moral bangsa.   

About these ads

54 Balasan ke Profil SMP N 2 Semarang

  1. wery mengatakan:

    wuihhhhhhhhhh……….kayaknya bagus neh smp?
    syang gue udah lulus sma, bisa ngulang ga? he hehe ga ah, makasih

  2. Diasa kelas 8b ! mengatakan:

    Permisi bu ,
    komentar nya pa yah ?
    spero adalah sekolah yang bagus . bagu spanya yah ? prestasi nya . .
    hihihi .
    em , ap aya ?
    oh ya , bu cahnyo bisa buku ,
    diasayu.multiply.com
    http://www.myspace.com/yazzdarohayo

    thank you . .

    ^^

  3. CD PENDIDIKAN INTERAKTIF LENGKAP!
    BELAJAR MENJADI TIDAK MEMBOSANKAN

    DAPATKAN VOUCHER DISKON 15% UNTUK BELANJA ONLINE DI

    http://WWW.BAMBOOMEDIA.NET

    BAMBOOMEDIA.NET

    GUNAKAN KODE VOUCHER :
    668090

  4. anggi aksel 2 smpn2 mengatakan:

    Bu Cahyo, keren ya SMPN 2? Ciayooo SMPN 2 Semarang!!

  5. rifky habib mengatakan:

    saya alumni spero 08/09 bu.
    smp 2 pasti akan terus berjaya.
    saya bangga menjadi alumni smp 2 semarang.
    caiioooooooo

  6. edun mengatakan:

    akan lebih nendang lagi bila ada info alumni smn 2 diterima di sekolah lanjutan mana saja ? Ini akan menjadi indikator utama dan sekaligus ajang gengsi..bukan begitu :)

  7. Agung mengatakan:

    Semoga Smpn 2 Semarang menjadi smp teladan di indonesia

  8. waah,gw tertarik ma nie SMP,klo begitoe gw aroes blajhar byar bisa masuk cinie….

  9. Ian 7d mengatakan:

    semoga smp2 dihari yang akan datang akan lebih baik

  10. indri sunarso mengatakan:

    kami sedang buat penelitian di SMPN 2 Semarang
    tolong bantu kami ya bu.
    thank

  11. sella mengatakan:

    wah… coba ah!!!

  12. cahyojati mengatakan:

    tergantung dari nilai tahap I dan pesaing di tahap II termasuk hasil tes bahasa Inggris, komputer dan psikotes. Besok bisa dilihat pengumumannya pk 14.00 wib. salam

  13. adriyanto mengatakan:

    Dulu istri saya lulusan SMPN 2 , sekarang anak saya bernat masuk SMPN 2 juga , tanggal berap pembukaan pendaftaran Ya ?
    Tolong segera info ke forum

    Terima kasih ,

    • cahyojati mengatakan:

      Sampai saat ini belum ada pemberitahuan, biasanya menunggu keputusan dari Dinas Kota Semarang kapan waktu pelaksanaannya. Pengumuman bisa diikuti lewat web SMPN 2 Semarang atau PPD SMP Kota Semarang. Biasanya (sesuai pengalaman tahun lalu) sekitar bulan April. Persiapkan saja persyaratan administrasi dan siswa itu sendiri. Semoga sukses. Salam

  14. Diani mengatakan:

    Selamat Pagi Ibu…

    Kami dari Java Leisure Tour and Travel , ini ada permintaan dari salah atu smprsbi di Jogja ingin mengadakan kunjungan ke SMPN2 , yang ingin di tinjau adalah kegiatan OSIS , jadi untuk surat menyurat resminya kami sampaikan ke mana yach…

    Mohon bantuannya , thanks

    Regards
    Diani

    • cahyojati mengatakan:

      Mbak Diani yth, pada prinsipnya kami tidak keberatan silakan kirimkan surat ke kepada Kepala SMP Negeri 2 Semarang secara langsung agar bisa ditindak lanjuti untuk informasi akhir bulan ini akan ada pentas seni bagi siswa kelas 9 (ujian praktek seni dan kreasi). Kontak lain bisa melalui email sekolah: smpn2_semarang@yahoo.com.

  15. roni mengatakan:

    bu cahyo kpn ada reuni smp 2 semarang
    ?

    • cahyojati mengatakan:

      Silakan direncanakan, pada prinsipnya sekolah tidak keberatan kalau reuni di SMP 2 Semarang asal tidak mengganggu KBM (biasanya hari MinggU). Bu Cahyo diundang ya. Salam dan sukses.

  16. agung yunianto mengatakan:

    asss.wr,wb.
    mau numpang tanya ada try out utk Thn 2012. kapan ya bu , dan info pendaftaran penerimaan thn ajaran baru

    • cahyojati mengatakan:

      Sebenarnya SMP 2 Semarang tidak pernah melaksanakan try out untuk siswa kelas VI, biasanya dari bimbingan belajar yang meminjam tempat di SMP 2 Semarang. Memang ada kerja sama tapi tidak melibatkan guru SMP 2 Semarang dalam membuat soal jadi murni dari bimbel itu sendiri. Selamat belajar ya..

  17. Lita Xein mengatakan:

    Terima kasih buat guru dan siswa yang menyenangkan di SMP 2 Semarang. Saya PPL di sini dulu…

  18. Lita Xein mengatakan:

    Terima kasih buat guru dan siswa SMP 2 semarang. Saya dulu PPL di sini…

  19. diah nur solechah mengatakan:

    Kapan di adakan penerimaan siswa baru SMP N 2 SEMARANG

  20. ekobudicahyo mengatakan:

    Semoga tetap jadi yang terbaik,….(saya alumni SMP Negeri 2 Semarang tahun 1985) thank’s.

  21. putu ariasa mengatakan:

    nilai terendah untuk tahun ini berapa ya, dan syarat pendaftaran apa saja, mksh infonya

  22. tcyma7670 mengatakan:

    slmt siang ibu Cahyo, bisa tau tidak siapa2 saja para alumni SMPN2 yg megang jabatan tinggi/pejabat, atau adakah lulusannya menjabat setingkat Dirjen/Mentri ? trimakasih sblmnya Bu…

    • cahyojati mengatakan:

      saya tidak tahu pasti karena tidak ada data di sekolah, hanya tahu satu dua, misalnya kapolda jateng sekarang Bpk Sutomo dulu alumni smp 2 smrg. mungkin kamu bisa mulai membantu mengumpulkan datanya. salam

  23. tcyma7670 mengatakan:

    Maaf Bu Cahyo, bisa tau alumni nya ada tidak yang jadi pejabat pemerintahan atau pejabat negara?

  24. cahyojati mengatakan:

    info yg bermanfaat tetap ditunggu. salam

  25. cahyojati mengatakan:

    pagi juga, maaf nih baru kirim balasan

  26. cahyojati mengatakan:

    maaf smp skr blm bisa memenuhi permintaan. coba ke web smpn2-semarang. salam

  27. cahyojati mengatakan:

    coba di web smp 2 semarang

  28. cahyojati mengatakan:

    belum ada pendaftaran, mungkin sekitar bulan maret atau april. Info selalu terbuka tuk semua. semoga berhasil. (saya ibu lho)

  29. cahyojati mengatakan:

    kalo tdk ada perubahan tgl 17 April 2010. syarat di sek sebelum tgl tsb.

  30. cahyojati mengatakan:

    silakan, sdh pernah saya balas lewat email

  31. cahyojati mengatakan:

    bila tdk ada perubahan tgl 17 April. Syarat bs dilihat sebelum tgl tsb.

  32. cahyojati mengatakan:

    mengingat SMP 2 Semarang merupakan RSBI, maka (maaf) sekolah asal juga harus RSBI. Tes yang ada meliputi Science, Math, English. Bisa langsung ke telp 024-8414168. Semoga berhasil. Maaf baru balas

  33. cahyojati mengatakan:

    terima kasih…sukses selalu

  34. susie mengatakan:

    ibu,kl sklh asal g RSBI bagaimana?ada kemungkinan diterima tdk?

  35. cahyojati mengatakan:

    setahu saya harus sama-sama RSBI karena materi yang disajikan ada banyak perbedaannya. Tapi silakan ke bapak Kepala Sekolah selaku pemegang keputusan. Salam

  36. artati mengatakan:

    ibu Cahyo, mohon informasi kapan pendaftaran administrasi untuk siswa baru smpn 2 semarang?tks.

  37. cahyojati mengatakan:

    Pastinya belum ada bu, tapi perkiraannya sekitar pertengahan Mei ini bu. Tetap dipantau di web smpn 2 ya bu. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: